Tuesday, October 15, 2019

Tips Memulai Nge Blog

Tips Memulai Nge Blog

Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.

1. Apa sih Blog ?


Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

2. Apa manfaatnya ?


Manfaat untuk Blogger :

Dapat menyalurkan bakat

Bagi anda yang senang menulis mungkin kini saatnya memulai tulisan positif di blog, dan bagi yang ingin belajar atau membuat hobi baru dalam menulis seperti saya pun bisa di tuangkan di dalam blog.

Meninspirasi pembaca

Mungkin ada beberapa tulisan yang menurut kita tak berarti, namun bisa saja tulisan itu dapat menginspirasi atau membantu orang banyak.

Membangun Jaringan

Jika blog kita secara konsisten diisi dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat sesuai dengan keahlian kita, maka akan semakin banyak pembaca setia yang rajin mengunjungi blog kita.

Jika kita sudah punya kepercayaan dan juga jaringan yang luas di internet, maka akan sangat mudah untuk mengembangkan bisnis di internet.

Menghasilkan pemasukan 

(misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi)
Agar lebih semangat dalam membuat blog, blog bisa dijadikan tempat sumber penghasilan, dari mulai AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi.

3. Ketahui Jenis-jenis blog seperti apa, yang akan anda mulai ?


Beberapa di bawah ini bisa anda pilih untuk merencanakan jenis blog apa yang akan anda buat,
Jenis-jenis blog :
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
Blog agama: Membahas tentang agama
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
Blog gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal paling baru di dunia maya
Blog parenting: Berisi cerita/ tema seputar menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak

4. Dari mana saya harus memulai ?

Mulai dengan menentukan platform blog seperti Blogger.com, WordPress.com, Tumblr, Blogs.com, Webs, Blogsome, Blogdetik, hingga blog dengan domain dan hosting sendiri atau disebut dengan hostedblog.
Saran saya untuk memulai gunakan platform Blogger.com atau WordPress.com, karena lebih mudah digunakan untuk seorang pemula saya pun memulainya dari platform Blogger.com dan WordPress.com

5. Bagaimana cara memilih template ?

Carilah template yang minimal mengacu kepada template yang SEO friendly

1. Responsive

Template yang tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan, semisal dibuka di ponsel atau gadget, ukuran template ini secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Jadi kita tidak perlu melakukan zooming terhadap artikel atau gambar yang terlihat di area postingan.

Manfaatnya sangat besar sekali, karena google akan mengacu kepada MobileGeddon, yaitu blog yang mobily friendly atau ramah dalam  penggunaan pada ponsel.

2. Clean & User Friendly

Template yang sederhana, minimalis dan bersih sangat disukai google. Selain nyaman dan enak dipandang, akan terlihat rapi dan tidak acak acakan. Pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog anda dari halaman per halaman.

3. Fast loading

Kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog anda sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

Jika sudah memilih dan memasang template maka anda siap untuk memulai ngeblog
Load disqus comments

0 komentar