Monday, October 28, 2019

Http vs Https, Apa bedanya?


HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.HTTP merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.

Sedangkan HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Secure, nah dengan ini kita akan melihat https:// sebelum nama domain anda, dan inilah yang direkomendasikan oleh google untuk digunakan. Dengan menggunakan protokol HTTPS akan memberikan keamanan lebih bagi para pengunjung sebuah situs, dan akhirnya Google memasukkan HTTPS sebagai salah satu faktor perangkingan SERP. Sehingga, dengan menggunakan protokol HTTPS maka akan meningkatkan SEO website.

Seperti pada pengumuman yang dibuat oleh Google Online Security:

For these reasons, over the past few months we’ve been running test taking into account whether sites use secure, encrypted connections as a signal in our search ranking algorithms. We’ve seen positive result, so we’re starting to use HTTPS as a ranking signal. For now it’s only a very lightweight signal – affecting fewer than 1% of global queries, and carrying less weight than other signals such as high-quality content- while we give webmasters time to switch to HTTPS. But over time, we may decide to strengthen it, because we’d like to encourage all website owners to switch from HTTP to HTTPS to keep everyone safe on the web.

HTTPS sangat membantu untuk SEO, mungkin kita berfikir untuk meningkatkan traffic website kita terus meningkat. HTTPS adalah salah satu cara untuk menaikkan traffic website, meningkatkan traffic pengunjung website denagn SSL-Google sangatlah berambisi untuk membuat website lebih aman dari serangan hacker. Seperti pada pengumuman diatas.

Berbeda dengan update sebelumnya yaitu algoritmaPenguin dan Panda, penggunaan Sertifikat SSL ini merupakan sinyal peringkat yang berjalan secara real-time, dapat dibilang SSL ini menjadi faktor penting untuk membuat google percaya dengan weite kita.

Data yang dikirim menggunakan HTTPS diamankan melalui protokol Transport Layer Security (TLS), yang memberikan tiga lapis perlindungan kunci:


  • Enkripsi—mengenkripsi data pertukaran untuk menjaga keamanannya dari penyadap. Artinya, saat pengguna menjelajahi situs web, tidak ada yang dapat “menguping” percakapan, melacak aktivitas di berbagai laman, atau mencuri informasi mereka.
  • Integritas data—data tidak dapat diubah atau dirusak selama transfer, dengan sengaja atau tidak, tanpa terdeteksi.
  • Autentikasi—membuktikan bahwa pengguna teman-teman berkomunikasi dengan situs web yang diinginkan. Hal tersebut melindungi dari serangan dari  MIT dan membangun kepercayaan pengguna, yang dapat memberikan keuntungan lain untuk bisnis teman-teman semua.
Sumber : idcloudhost
Load disqus comments

0 komentar