Friday, November 8, 2019

Nge-Blog Itu Mudah, Cara Mulai Bikin Blog



Meskipun cara membuat blog itu mudah dan gratis di blogger.com. sebaiknya ikuti langkah-langkah ini terlebih dahulu :

  • Menentukan topik atau niche blog
  • Pilih platform blogger atau wordpress
  • Memilih nama domain
  • Memilih template atau kerangka tampilan



Menentukan topik atau niche blog

Awal ini yang perlu di garis bawahi, karena ketika memulai kalian harus Menentukan topik atau niche blog, supaya dalam membuat artikel atau postingan sudah terkonsep sebelum-sebelumnya, contoh yang salah seperti ini : kalian punya blog dengan topik tutorial masakan, design tampilannya pun menjurus ke hal-hal masakan, tapi karena kalian kehabisan ide kalian membuat sebuah postingan atau artikel tentang flora dan fauna, itu sangat salah, jadi sebaiknya topik atau niche blog benar-benar harus ditentukan dari awal.

Pilih platform blogger atau wordpress

Blogger vs wordpress, kalau saran saya untuk pemula sebaiknya memakai blogger.com,
blogger dan wordpress itu sebenarnya kedua-duanya gratis tapi kalau blogger.com benar-benar gratis dan kalau wordpress ada yang gratis dan ada yang berbayar, kelebihan blogger.com mungkin kalau saya lihatnya karena blogger.com itu sodaraan sama google dan juga tingkat keamanan nya bagus, untuk pemula yang ingin sekalian belajar coding juga cocok, saya pun belajar coding dari blogger.com.

Memilih nama domain

Nah kalau untuk menentukan nama domain, saran saya cocokan dengan point pertama yaitu "Menentukan topik atau niche blog", misal kalian membuat topik blog tentang ulasan mata pelajaran di sekolah (pendidikan), maka carilah nama domain yang berkaitan dengan topik tersebut misalkan muridsekolah.blogspot.com, pelajaransmk.blogspot.com dll.

Memilih template atau kerangka tampilan

Ini sangat mempengaruhi sekali, karena template dapat mempengaruhi kecepatan loading, carilah template blog yang simple, enak dilihat, SEO dan fast loading. untuk yang pemula pake yang default dari blogger.com saja dulu :D.
Load disqus comments

0 komentar